Pengertian Sistem
Informasi Manajemen
Sistem informasi
manajemen atau biasa disebut “SIM” (dalam bahasa Inggris adalah Management
Information System, MIS) merupakan suatu sistem perencanaan bagian dari
pengendalian internal suatu bisnis yang meliputi pemanfaatan manusia,
teknologi, dokumen dan juga prosedur oleh akuntansi manajemen untuk bisa memecahkan
masalah bisnis. Contohnya seperti layanan, biaya produk atau juga suatu strategi bisnis.
Sistem informasi
manajemen tersebut bisa dibedakan dengan sistem informasi biasa disebabkan SIM
ini digunakan untuk bisa menganalisis sistem informasi lain yang digunakan pada
suatu aktivitas operasional dalam suatu organisasi. Jika dilihat dari sisi
akademis, istilah SIM biasanya digunakan untuk merujuk pada suatu kelompok
metode manajemen informasi yang berhubungan dengan otomatisasi atau bisa juga
dukungan terhadap pengambilan suatu keputusan manusia. Adapun contohnya
meliputi tentang sistem informasi eksekutif, sistem keputusan dan sistem
pendukung keputusan.
Tujuan :
1. Menyediakan suatu
informasi untuk pengambilan suatu keputusan.
2. Menyediakan suatu
informasi yang dipergunakan didalam suatu perencanaan, pengendalian,
pengevaluasian dan juga perbaikan berkelanjutan.
3. Menyediakan suatu informasi
yang dipergunakan di dalam suatu perhitungan harga pokok produk, jasa dan
tujuan lainnya yang diinginkan oleh manajemen.
Ketiga tujuan tersebut
menunjukkan bahwa manajer dan pengguna lainnya
perlu memiliki akses ke informasi akuntansi manajemen dan
mengetahui bagaimana cara menggunakannya. Informasi akuntansi manajemen dapat
membantu mereka mengidentifikasi suatu masalah, menyelesaikan masalah, dan
mengevaluasi kinerja (informasi akuntansi dibutuhkan dam dipergunakan dalam
semua tahap manajemen, termasuk perencanaan, pengendalian dan pengambilan
keputusan).
Proses Manajemen
Proses manajemen
didefinisikan sebagai aktivitas-aktivitas:
· Perencanaan, formulasi terinci untuk mencapai suatu
tujuan akhir tertentu adalah aktivitas manajemen yang disebut perencanaan. Oleh
karenanya, perencanaan mensyaratkan penetapan tujuan dan identifikasi metode
untuk mencapai tujuan tersebut.
· Pengendalian, perencanaan hanyalah setengah dari peretempuran.
Setelah suatu rencana dibuat, rencana tersebut harus diimplementasikan, dan
manajer serta pekerja harus memonitor pelaksanaannya untuk memastikan rencana
tersebut berjalan sebagaimana mestinya. Aktivitas manajerial untuk memonitor
pelaksanaan rencana dan melakukan tindakan korektif sesuai kebutuhan, disebut
kebutuhan.
· Pengambilan Keputusan, proses pemilihan diantara
berbagai alternativedisebut dengan
proses pengambilan keputusan. Fungsi manajerial ini merupakan jalinan antara
perencanaan dan pengendalian.Manajer harus memiliki visi serta memilih diantara
beberapa tujuan dan metode untuk melaksanakan tujuan yang dipilih. Hanya satu
dari beberapa rencana yang dapat dipilih. Komentar serupa dapat dibuat
berkenaan dengan fungsi pengendalian.
Manfaat dan Fungsi
1. Menjamin tersedianya
kualitas dan keterampilan dalam memanfaatkan sistem informasi secara kritis.
2. Meningkatkan
aksesbilitas data yang ada secara akurat dan tepat waktu bagi para pemakai,
tanpa mengharuskan adanya perantara sistem informasi.
3. Meningkatkan efisiensi
dan efektifitas data yang tersaji akurat dan tepat waktu.
4. Mengidentifikasi
kebutuhan-kebutuhan akan keterampilan pendukung sistem informasi.
5. Mengembangkan proses
perencanaan yang efektif.
6. Mempermudah pihak manajemen
untuk melakukan perencanaan, pengawasan, pengarahan dan pendelegasian kerja
kepada semua departemen yang memiliki hubungan komando atau koordinasi
dengannya.
7. Meningkatkan
kualitas sumber daya manusia karena unit sistem
kerja yang terkoordinir dan sistematis.
8. Menetapkan investasi
yang akan diarahkan pada sistem informasi.
9. Mengantisipasi dan
memahami konsekuensi-konsekuensi ekonomis dari sistem informasi dan teknologi
baru.
10. Memperbaiki
produktivitas dalam aplikasi pengembangan dan pemeliharaan sistem.
11. Meningkatkan
produktifitas dan penghematan biaya dalam suatu organisasi.
12. Organisasi menggunakan
sistem informasi untuk mengolah transaksi-transaksi, mengurangi biaya dan
menghasilkan pendapatan sebagai salah satu produk atau pelayanan mereka.
13. Bank menggunakan sistem
informasi untuk mengolah cek-cek nasabah dan membuat berbagai laporan rekening
koran dan transaksi yang terjadi.
Level Organisasi
v Straegic-Level-System,
membantu manajer senior untuk menangani dan menghadapi isu strategic dan
perencanaan jangka panjang.
Contoh : ESS (Executive Support System).
v Manajement–Level-System,
membantu dalam monitoring kontrol pengambilan keputusan dan kegiatan
administratif dari manajer menengah.
Contoh : MIS (Manajemen Information System)
DSS
(Decision Support System)
v Operation-Level-System,
membantu manajer operasional untuk menjaga agar agar kegiatan dan transaksi
sehari-hari perusahaan berjalan dengan lancar.
Contoh : TPS (Transaction Processing System)
TPS (Transaction Processing System)
TPS (Transaction Processing System)
- TPS
adalah sistem bisnis dasar yang melayani level operasional organisasi
- TPS
adalah sistem komputerisasi yang mencatat transaksi rutin yang diperlukan untuk
menjalankan bisnis.
- Contoh
: Entry pesanan penjualan, sistem reservasi hotel, penggajian, penyimpanan,
data pegawai dan pengiriman.
- Terdapat
5 kategori fungsional TPS yaitu sales/marketing, manufacturing (Production,
Finance/accounting, Human Resources, dan jenis TPS lain yang spesifik untuk
industri tertentu.
- Manajer
memerlukan TPS untuk memonitor status operasi internal dan hubungan perusahan
dengan lingkungan eksternal.
MIS (Management Information System)
MIS (Management Information System)
- MIS
membantu level manajemen dalam organisasi, menyediakan laporan dan juga akses
online mengenai cetakan historis dan kinerja terkini dari organisasi.
- MIS
terutama membantu fungsi organisasi yaitu dalam perencanaan, pengendalian dan
pengambil keputusan.
ESS (Executive Support
Sysem)
- ESS
membantu manajer senior dalam berinteraksi dengan lingkungan
perusahaan dengan berpegang pada grafik dan pendukung komunikasi lainnya.
Decision Support System (DSS)
- Sistem
ini membantu para manajer dalam mengambil keputusan dengan cara mengamati
lingkungan dalam perusahaan
0 komentar:
Posting Komentar