Dokumen
dan Komunikasi Proyek
Mengelola Komunikasi
Proyek Bertujuan agar komunikasi dan aliran informasi proyek berjalan efektif dan
efisien. Komunikasi dengan para pemangku kepentingan sering menjadi faktor
kunci yang memungkinkan para pemangku kepentingan untuk merasa puas bahkan ketika
perubahan yang tidak terduga terjadi.
Kegiatan
mengelola Komunikasi
•
Merencanakan
Manajemen Komunikasi. Menentukan perencanaan komunikasi proyek yang sesuai
dengan kebutuhan dan harapan stakeholder, seperti surat edaran investor, pembaruan
kemajuan, perubahan proyek.
•
Mengatur
Komunikasi. Selama pelaksanaan proyek, rencana komunikasi dipraktekkan dan komunikasi
dikelola secara aktif.
•
Mengontrol
Komunikasi. Selama titik-titik status reguler, komunikasi proyek ditinjau dan
revisi rencana komunikasi dimulai.
PROJECT
CHARTER
Project charter, yang
kadang disebut Project Overview Statement (POS) alias ikhtisar proyek,
merupakan dokumen bertanda tangan yang secara resmi mendefinisikan serta
mengesahkan sebuah proyek. Oleh karena itu, project charter ini dibuat tentu
saja setelah proposal proyeknya disetujui. Tanpa project charter, tujuan proyek
akan menjadi ambigu dan kadang tidak dipahami secara benar oleh para stakeholder.
Masing-masing mungkin saja memiliki sudut pandang yang berbeda
Komponen
Project Charter (sederhana)
1. Pernyataan
masalah (Problem Statement) Masalah ditangkap dalam bentuk pengukuran
2. Kasus
bisnis (Business Case) Alasan bisnis untuk menjalankan proyek
3. Pernyataan
Sasaran / Goal Statement Target pengukuran proses
4. Garis
waktu (Timeline) Kapan setiap fase proyek akan selesai
5. Cakupan (Scope) Apa yang ada dan apa yang
keluar dari proyek
6. Anggota
tim (Team Members) Orang-orang yang akan berpartisipasi dalam proyek ini
Faktor
Penentu Keberhasilan
•
Komitmen dan hubungan dari pihak
manajemen
•
Komitmen dan dukungan dari tim proyek
•
Ketersediaan sumber daya manusia yang
sesuai dengan kompentensi masing-masing
•
Kerjasama yang baik dari semua pihak
yang terlibat dalam proyek
•
Kontinuitas pelaksanaan proyek (tanpa
adanya interupsi)
•
Disiplin pelaksanaan sesuai dengan
rencana kerja proyek
•
Dokumentasi proyek yang baik dan lengkap
•
Tersedianya semua fasilitas pendukung
proyek sesuai dan memadai
Keuntungan
yang Diharapkan
Dari
sisi admin perpustakaan
• Mempermudah penyimpanan data perpustakaan
• Mempermudah menginput data anggota
• Mempermudah Transaksi Peminjaman, Pengembalian +
Denda
• Mempermudah mendapat informasi Buku, Anggota,
Transaksi
• Mempermudah mencetak Kartu Anggota
• Mempermudah mencetak laporan dan dokumen lainnya
Dari
sisi pemakai
• Mempermudah Pencarian buku + Info Buku
• Mempermudah Pelayanan Pendafataran
• Mempermudah Pelayanan Peminjaman
• Mempermudah Pelayanan Pengembalian
0 komentar:
Posting Komentar