Project
Management Knowledge Areas
A. PMI
menciptakan seperangkat terminologi standar dan pedoman untuk manajemen proyek,
yang dikenal sebagai bidang pengetahuan manajemen proyek. Ini adalah standar
yang berkembang yang diperbarui secara berkala di PMBOK-nya.
B. Bidang
pengetahuan (knowldege area) manajemen proyek bertepatan dengan kelompok proses
(process group), yang merupakan inisiasi proyek, perencanaan proyek,
pelaksanaan proyek, pemantauan dan pengendalian, dan penutupan proyek. Ini adalah
fase kronologis yang dilalui setiap proyek.
C. Kita
dapat menganggap kelompok proses sebagai horizontal, sedangkan bidang
pengetahuan vertikal. Bidang pengetahuan adalah materi pokok teknis inti, yang
diperlukan untuk manajemen proyek yang efektif.
BIDANG
PENGETAHUAN
Bidang pengetahuan adalah kopetensi utama yang harus
dikembangkan seorang manajer proyek
dikembangkan seorang manajer proyek
•
Empat bidang pengetahuan ini mengarah
kepada proyek spesifik
(lingkup, waktu, biaya dan mutu)
•
Empat bidang pengetahuan yang merupakan
alat pencapaian
tujuan proyek (SDM, komunikasi, resiko, dan manajemen pengadaan)
tujuan proyek (SDM, komunikasi, resiko, dan manajemen pengadaan)
•
Satu bidang pengetahuan (manajemen
integrasi proyek) mempengaruhi oleh semua bidang pengetahuan lainnya
•
project integration management
mempengaruhi dan dipengaruhi oleh 9 area pengetahuan lainnya.
KEGIATAN
PROJECT INTEGRATION MANAGEMENT
A.
Melakukan
identifikasi dokumen pengembangan proyek
1. Karakteristik
dari jasa/produk ditetapkan.
2. Batasan batasan dan asumsi dokumen yang
diperlukan dilakukan identifikasi.
B.
Melakukan
analisis studi kelayakan awal
1. Model
keputusan dan metode pemilihan proyek termasuk metode pengukuran manfaat dan
metode optimasi terbatas dipilih.
2. Informasi
secara historis untuk proyek yang melibatkan kemiripan produk dan jasa
dievaluasi.
3. Penilaian
tingkat tinggi terhadap sumberdaya organisasi proyek dilakukan.
4. Penilaian tingkat tinggi terhadap persyaratan
teknis dan nonteknis proyek dilakukan.
C.
Mengembangkan
project charter
1. Pernyataan
pekerjaan proyek (Project statement of work)
2. Peralatan dan cara (Tools & Techniques)
KEGIATAN
PROJECT INTEGRATION MANAGEMENT
•
Mengembangkan
rencana manajemen proyek (Project Management Plan)
1. PM
plan tamplate, prosedur perubahan, informasi proyek yang lalu diidentifikas sebagai
masukan proses selanjutnya.
2. fasilitas
teknis digunakan untuk menghasilkan Rencana Pengelolaan Proyek (Project
Management Plan)
•
Mengarahkan
dan mengelola pekerjaan proyek
1. PMIS
2. deliverables
•
Memantau
dan mengendalikan pekerjaan proyek
1. Rencana
pengelolaan proyek (Project management plan)
2. permintaan
perubahan, laporan kinerja pekerjaan
•
Melakukan
pengendalian perubahan secara terintegrasi
•
Menyerahkan/menutup
proyek
PM KNOWLEDGE AREAS
0 komentar:
Posting Komentar