Hardware
adalah perangkat keras komputer, dapat diraba dan dilihat bentuknya. Hardware
terdiri dari Input, Output dan Pendukung. Software atau perangkat lunak adalah
program yang berisi instruksi untuk melakukan proses pengolahan data. Software
sendiri terdapat banyak macamnya, ada software OS, Aplikasi, dll. Software
sendiri tidak dapat dilihat, tapi sangat dibutuhkan fungsinya untuk mengefektifkan
kinerja komputer. Kedua perangkat tersebut memang saling berkaitan sehingga
komputer dapat berfungsi dengan baik. Perkembangan teknologi terutama dalam
perangkat keras terus diimbangi oleh perangkat lunaknya sehingga penggunaan
komputer lebih maksimal.
Berikut adalah perkembangan Hardware
dari masa ke masa :
Komputer
dari sejak awal dibuatnya, hingga kini banyak mengalami perubahan dan
penyempurnaan bentuk dan fungsinya. Pada tahun 1930, lahirlah suatu konsep dari
komputer-komputer seba guna yang menjadi awal dari komputer modern saat ini.
Ditambah lagi dengan perkembangan masyarakat yang makin kompleks dan dengan
kemajuan teknologi yang telah mendorong orang-orang berbakat untuk berpikir
secara pesat. Pada tahun 1937, Alan Turin seorang ahli matematika bangsa
Inggris membuat sebuah analisis teoritis dari kemungkinan pengembangan komputer
yang serba guna. Pelaksanaan gagasan tersebut dapat segera terwujud, karena
pada Perang Dunia II pihak militer sangat membutuhkan perhitungan-perhitungan
yang cepat, matang, dan akurat untuk kebutuhan perang, sehingga dari gagasan
tersebut perkembangan perangkat keras (hardware) mengalami perubahan bentuk dan
fungsinya, dan perangkat lunak (software) mengalami perkembangan penggunaannya
menjadi program yang mudah digunakan.
A.
Perkembangan Hardware
Kemajuan teknologi yang dibuat manusia telah mengubah bentuk dan fungsi komputer tersebut dalam beberapa generasi, yaitu :
Kemajuan teknologi yang dibuat manusia telah mengubah bentuk dan fungsi komputer tersebut dalam beberapa generasi, yaitu :
1. Generasi
Pertama (1946-1959)
Komputer generasi pertama dibuat masih sangat sederhana dan belum kompleks penggunaannya, sehingga komputer generasi pertama belum dapat memproses masalah-masalah yang besar. Komputer dalam prosesnya serta pembuatnya masih menggunakan komponen yang besar-besar.
Komputer generasi pertama dibuat masih sangat sederhana dan belum kompleks penggunaannya, sehingga komputer generasi pertama belum dapat memproses masalah-masalah yang besar. Komputer dalam prosesnya serta pembuatnya masih menggunakan komponen yang besar-besar.
Adapun
ciri-ciri komputer generasi pertama, antara lain :
a. Ukuran fisiknya besar.
b. Kecepatan prose lambat.
c. Cepat panas.
d. Membutuhkan listrik yang besar.
e. Menggunakan tabung hampa udara (Vaccum tube).
f. Memorinya menggunakan Magnetic Core Storage.
g. Masih menggunakan bahasa mesin (Machine Language).
h. Menggunakan konsep Stored Program.
a. Ukuran fisiknya besar.
b. Kecepatan prose lambat.
c. Cepat panas.
d. Membutuhkan listrik yang besar.
e. Menggunakan tabung hampa udara (Vaccum tube).
f. Memorinya menggunakan Magnetic Core Storage.
g. Masih menggunakan bahasa mesin (Machine Language).
h. Menggunakan konsep Stored Program.
Contoh
komputer generasi pertama :
– MARK I, MARK II, IBM 702, IBM 704, IBM 709 (dibuat oleh IBM/International Business Machine).
– UNIVAC II (dibuat oleh Sperry Rand).
– ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Calculator), dibuat oleh DR. John W. Mauchly pada tahun 1942. Komputer ini berukuran besar dan berat fisiknya mencapai 30 ton.
– SEC (Simple Electronic Computer), dibuat oleh Electronic Computation Laboratory of Birkbeck College pada tahun 1951.
– Datamatic 1000 (dibuat oleh Honeywell).
– NCR 102A, NCR 102D (dibuat oleh National Cash Register).
– MARK I, MARK II, IBM 702, IBM 704, IBM 709 (dibuat oleh IBM/International Business Machine).
– UNIVAC II (dibuat oleh Sperry Rand).
– ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Calculator), dibuat oleh DR. John W. Mauchly pada tahun 1942. Komputer ini berukuran besar dan berat fisiknya mencapai 30 ton.
– SEC (Simple Electronic Computer), dibuat oleh Electronic Computation Laboratory of Birkbeck College pada tahun 1951.
– Datamatic 1000 (dibuat oleh Honeywell).
– NCR 102A, NCR 102D (dibuat oleh National Cash Register).
2. Generasi
Kedua (1959-1965)
Pembuatan komputer generasi kedua ini merupakan pengembangan dari komputer generasi pertama yang dibuat untuk menyempurnakan bentuk dari komponen dan penggunaan listrik yang lebih hemat.
Pembuatan komputer generasi kedua ini merupakan pengembangan dari komputer generasi pertama yang dibuat untuk menyempurnakan bentuk dari komponen dan penggunaan listrik yang lebih hemat.
Komputer
generasi kedua mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
a. Komponen telah menggunakan transistor.
b. Ukuran fisiknya lebih kecil.
c. Kecepatan prosesnya lebih cepat.
d. Tidak cepat panas.
e. Membutuhkan listrik lebih sedikit.
f. Memori yang digunakan lebih besar.
g. Telah menggunakan bahasa tingkat tinggi (high level language).
h. Sudah dapat digunakan untuk real time (informasi yang dibutuhkan dapat dihasilkan dengan sekejap) dan time sharing (komputer digunakan bersama-sama dan komputer dapat membagi waktu untuk tiap-tiap pemakai).
a. Komponen telah menggunakan transistor.
b. Ukuran fisiknya lebih kecil.
c. Kecepatan prosesnya lebih cepat.
d. Tidak cepat panas.
e. Membutuhkan listrik lebih sedikit.
f. Memori yang digunakan lebih besar.
g. Telah menggunakan bahasa tingkat tinggi (high level language).
h. Sudah dapat digunakan untuk real time (informasi yang dibutuhkan dapat dihasilkan dengan sekejap) dan time sharing (komputer digunakan bersama-sama dan komputer dapat membagi waktu untuk tiap-tiap pemakai).
Contoh
komputer generasi kedua :
– IBM 7070, IBM 7080, IBM 1400, IBM 1600 (dibuat oleh IBM/International Business Machine).
– Honeywell 400, Honeywell 800 (dibuat oleh Honeywell).
– Burroughs 200 (dibuat oleh Burroughs).
– GE 635, GE 645, GE 200 (dibuat oleh General Electric).
– UNIVAC III, UNIVAC SS80, UNIVAC SS90, UNIVAC 1107 (dibuat oleh Sperry Rand).
– NCR 300 (dibuat oleh National Cash Register).
– IBM 7070, IBM 7080, IBM 1400, IBM 1600 (dibuat oleh IBM/International Business Machine).
– Honeywell 400, Honeywell 800 (dibuat oleh Honeywell).
– Burroughs 200 (dibuat oleh Burroughs).
– GE 635, GE 645, GE 200 (dibuat oleh General Electric).
– UNIVAC III, UNIVAC SS80, UNIVAC SS90, UNIVAC 1107 (dibuat oleh Sperry Rand).
– NCR 300 (dibuat oleh National Cash Register).
3. Generasi
Ketiga (1965-1970)
Komputer generasi ketiga dibuat dengan menggabungkan beberapa komponen dalam satu tempat dan disempurnakan tampilan dari komputer tersebut. Selain itu, komputer generasi ketiga telah dibuat penyimpanan memorinya lebih besar dan diletakkan di luar (eksternal) penggunaan listriknya lebih hemat dibandingkan komputer generasi kedua dan ukuran fisiknya dibuat menjadi lebih kecil, agar dapat menghemat penggunaan ruang.
Komputer generasi ketiga dibuat dengan menggabungkan beberapa komponen dalam satu tempat dan disempurnakan tampilan dari komputer tersebut. Selain itu, komputer generasi ketiga telah dibuat penyimpanan memorinya lebih besar dan diletakkan di luar (eksternal) penggunaan listriknya lebih hemat dibandingkan komputer generasi kedua dan ukuran fisiknya dibuat menjadi lebih kecil, agar dapat menghemat penggunaan ruang.
Komputer
generasi ketiga mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
a. Komponen telah menggunakan IC (Integrated Circuit) atau yang disebut “chip” dalam bentuk Hybrid Integrated Circuits atau Solid Logic Technology (SLT), yaitu transistor dan dioda diletakkan secara terpisah dalam satu tempat.
b. Kecepatan prosesnya lebih cepat.
c. Membutuhkan listrik lebih hemat.
d. Memorinya yang digunakan lebih besar, dapat menyimpan sampai ratusan ribu karakter.
e. Telah menggunakan penyimpanan luar yang bersifat random access, yaitu magnetik disk yang berkapasitas besar.
f. Dapat digunakan untuk multi processing dan multi programming.
g. Telah dibuatnya alat input-output dengan menggunakan visual display terminal yang dapat menampilkan grafik, dapat menerima dan mengeluarkan suara, dan telah digunakannya alat pembaca tinta magnetik MICR (Magnetic Ink Character Reader).
a. Komponen telah menggunakan IC (Integrated Circuit) atau yang disebut “chip” dalam bentuk Hybrid Integrated Circuits atau Solid Logic Technology (SLT), yaitu transistor dan dioda diletakkan secara terpisah dalam satu tempat.
b. Kecepatan prosesnya lebih cepat.
c. Membutuhkan listrik lebih hemat.
d. Memorinya yang digunakan lebih besar, dapat menyimpan sampai ratusan ribu karakter.
e. Telah menggunakan penyimpanan luar yang bersifat random access, yaitu magnetik disk yang berkapasitas besar.
f. Dapat digunakan untuk multi processing dan multi programming.
g. Telah dibuatnya alat input-output dengan menggunakan visual display terminal yang dapat menampilkan grafik, dapat menerima dan mengeluarkan suara, dan telah digunakannya alat pembaca tinta magnetik MICR (Magnetic Ink Character Reader).
Contoh
komputer generasi ketiga :
– GE 600, GE 235 (dibuat oleh General Electric).
– Burroughs 5700, Burroughs 6700, Burroughs 7700 (dibuat oleh Burroughs).
– UNIVAC 1108, UNIVAC 9000 (dibuat oleh Sperry Rand).
– GE 600, GE 235 (dibuat oleh General Electric).
– Burroughs 5700, Burroughs 6700, Burroughs 7700 (dibuat oleh Burroughs).
– UNIVAC 1108, UNIVAC 9000 (dibuat oleh Sperry Rand).
4. Generasi
Keempat (1970-1995)
Komputer generasi keempat merupakan pengembangan dari komputer generasi ketiga. Komputer ini dibuat dengan menggabungkan beberapa IC yang dipadatkan, yang dalam komputer generasi ketiga belum dapat digabungkan.
Komputer generasi keempat merupakan pengembangan dari komputer generasi ketiga. Komputer ini dibuat dengan menggabungkan beberapa IC yang dipadatkan, yang dalam komputer generasi ketiga belum dapat digabungkan.
Komputer
generasi keempat mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
a. Telah menggunakan LSI (Large Scale Integration), yaitu penggabungan beribu-ribu IC yang dipadatkan dalam 1 buah chip.
b. LSI dikembangkan menjadi VLSI (Very Large Scale Integration) yang dapat memuat 150.000 transistor yang dipadatkan.
c. Chip yang digunakan telah berbentuk segi empat yang membuat rangkaian-rangkaian terpadu.
a. Telah menggunakan LSI (Large Scale Integration), yaitu penggabungan beribu-ribu IC yang dipadatkan dalam 1 buah chip.
b. LSI dikembangkan menjadi VLSI (Very Large Scale Integration) yang dapat memuat 150.000 transistor yang dipadatkan.
c. Chip yang digunakan telah berbentuk segi empat yang membuat rangkaian-rangkaian terpadu.
Contoh
komputer generasi keempat :
– IBM 370 (dibuat oleh IBM/International Business Machine).
– APPLE II (dibuat oleh Apple).
– IBM 370 (dibuat oleh IBM/International Business Machine).
– APPLE II (dibuat oleh Apple).
Untuk
komputer generasi yang akan datang, banyak menggunakan sensor-sensor untuk
mempermudah dan mempercepat pekerjaan kita, dan komputer yang akan datang
dibuat untuk mempermudah interaksi antara manusia dengan komputer secara
langsung yang seakan-akan manusia tersebut berada dalam komputer. Ini dapat
terwujud dengan adanya materi kecerdasan buatan (Artificial Intelligent), yaitu
suatu peralatan yang dibuat untuk dapat bekerja seperti manusia, sehingga
manusia bukan lagi sebagai obyek diluar komputer, melainkan manusia akan
dilibatkan langsung sebagai objek di dalam komputer. Hal ini dapat anda lihat
dengan dibuatnya sebuah alat untuk simulasi komputer, dimana manusia dengan
menggunakan helm khusus agar tampak seperti di dalam komputer. Selain itu, kini
telah dibuat robot-robot pengganti tenaga manusia. Pada robot tersebut dibuatkan
sensor-sensor pendeteksi rangsangan dari luar dan akan langsung meresponnya
seperti layaknya manusia
Pengertian
spesifikasi hardware komputer
- Input device
Input device
adalah komponen hardware yang mengijinkan pengguna untuk memasukkan data atau
instruksi (program, command, respon user) ke dalam sebuah computer.Seperti
keyboard,mouse,joystick,trackball,dll.
- Output device
Output
adalah data yang diproses menjadi bentuk yang berguna. Output device adalah
komponen/ peralatan tambahan dari computer yang digunakan untuk menampilkan
output.Output dapat berupa teks, grafik, audio, dan video.Seperti
monitor,speaker,dll.
- Storage device
Media
storage adalah materi fisik tempat computer menyimpan data, instruksi, dan
informasi.
Kapasitas adalah
jumlah byte yang dapat disimpan oleh sebuah storage. Storage Device adalah
hardware computer yang merekam atau mengambil data dari atau ke media storage.
Seperti
RAM,hardisk,flashdisk,dll.Semakin besar jumlah byte nya,maka semakin besar data
yang bisa ditampung oleh storage device,contoh:RAM 4 GB,maka artinya bisa
menampung sampai 4 GB memory.
- System unit
System unit
adalah sebuah kotak yang berisi komponen elektronik dari computer yang
digunakan untuk memproses data.Seperti motherboard,processor,memory,expansion
slot,dll.
- Communication device
Communication
device adalah tipe hardware yang mampu mentransmisi data, instruksi, dan
informasi
antar alat pengirim dan penerima.Seperti modem,WIFI,dll.
Sumber dan
referensi:
Berikut adalah perkembangan software
dari masa ke masa :
1. Era Pioner
Istilah software engineering
digunakan pertama kali pada akhir 1950-an dan awal 1960-an. Saat itu, masih
terdapat debat tajam mengenai aspek engineering dari pengembangan perangkat
lunak.
Pada tahun 1968 dan 1969, komite
sains NATO mensponsori dua konferensi tentang rekayasa perangkat lunak, yang
memberikan dampak kuat terhadap perkembangan rekayasa perangkat lunak. Banyak
yang menganggap bahwa dua konferensi inilah yang menandai awal resmi profesi
rekayasa perangkat lunak.
Bentuk perangkat lunak pada awalnya
adalah sambungansambungan kabel ke antar bagian dalam Komputer. Cara lain
dalam mengakses komputer adalah menggunakan punched card yaitu kartu yang di
lubangi. Penggunaan komputer saat itu masih dilakukan secara langsung, sebuah
program untuk sebuah mesin untuk tujuan tertentu. Pada era ini, perangkat lunak
merupakan satu kesatuan dengan perangkat kerasnya. Penggunaan komputer
dilakukan secara langsung dan hasil yang selesai di kerjakan komputer berupa
print out. Proses yang di lakukan di dalam komputer berupa baris instruksi yang
secara berurutan di proses.
Bentuk perangkat lunak pada awalnya
berupa sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer. Antara lain :
a. Prosses batch
b. Distribusi terbatas
c. Pembuatan khusus
2. Era Stabil
Pada era stabil penggunaan komputer
sudah banyak di gunakan, tidak hanya oleh kalangan peneliti dan akademi saja,
tetapi juga oleh kalangan industri / perusahaan. Perusahaan perangkat lunak
bermunculan, dan sebuah perangkat lunak dapat Menjalankan beberapa fungsi, dari
ini perangkat lunak mulai bergeser menjadi sebuah produk. Barisbaris perintah
perangkat lunak yang di jalankan oleh komputer bukan lagi satusatu, tapi sudah
seperti banyak proses yang di lakukan secara serempak (multi tasking). Sebuah
perangkat lunak mampu menyelesaikan banyak pengguna (multi user) secara
cepat/langsung (real time). Pada era ini mulai di kenal sistem basis data, yang
memisahkan antara program (pemroses) dengan data (yang di proses)
Komputer sudah banyak digunakan dan
hanya terjangkau oleh kalangan industri dan perusahan yang membawa pengaruh
terhadap perkembangan perangkat lunak. Multitasking dan multiuser sudah banyak
dikenal juga sistem basis data. Pada era itu antara lain :
a. Multitasking dan multiuser
b. Realtime ( bekerja dengan cepat )
c. Program database
Pada masa ini ada sumber yang
menyebut masa ini era krisis perangkat lunak, karena pada tahun 1960-an hingga
1980-an, banyak masalah yang ditemukan para praktisi pengembangan perangkat
lunak. Banyak projek yang gagal, hingga masa ini disebut sebagai krisis
perangkat lunak. Kasus kegagalan pengembangan perangkat lunak terjadi mulai
dari projek yang melebihi anggaran, hingga kasus yang mengakibatkan kerusakan
fisik dan kematian. Salah satu kasus yang terkenal antara lain meledaknya roket
Ariane akibat kegagalan perangkat lunak
3. Era Mikro
Sejalan dengan semakin luasnya PC
dan jaringan komputer di era ini, perangkat lunak juga berkembang untuk
memenuhi kebutuhan perorangan. Perangkat lunak dapat di bedakan menjadi
perangkat lunak sistem yang bertugas menangani internal dan perangkat lunak
aplikasi yang digunakan secara langsung oleh penggunannya untuk keperluan
tertentu. Otomatisasi yang ada di dalam perangkat lunak mengarah ke suatu jenis
kecerdasan buatan.
Perangkat lunak pada era ini sudah
berkembang untuk memenuhi kebutuhan individu. Dan harganyapun sudah terjangkau
oleh individu. Perangkat lunak dapat dibedakan menjadi perangkat lunak sistem
yang bertugas menangani internal dan perangkat lunak aplikasi yang digunakan
secara langsung oleh penggunanya untuk keperluan tertentu. Perangkat lunak pada
era ini mengalami perkembangan proses berikut :
a. Sistem mulai tersebar kebeberapa
kalangan masyarakat.
b. Software mengalami kecerdasan
yang mempermudah penggunanya.
c. Harga setiap software yang
relatif terjangkau oleh individu.
4. Era Modern
Saat ini perangkat lunak sudah
terdapat di manamana, tidak hanya pada sebuah superkomputer dengan 25
prosesornya, sebuah komputer genggampun telah di lengkapi dengan perangkat
lunak yang dapat di sinkronkan dengan PC. Tidak hanya komputer, bahkan
peralatan seperti telepon, TV, hingga ke mesin cuci, AC dan microwave, telah di
tanamkan perangkat lunak untuk mengatur operasi peralatan itu. Dan yang
hebatnya lagi adalah setiap peralatan itu akan mengarah pada suatu saat kelak
akan dapat saling terhubung. Pembuatan sebuah perangkat lunak bukan lagi
pekerjaan segelentir orang, tetapi telah menjadi pekerjaan banyak orang, dengan
beberapa tahapan proses yang melibatkan berbagai disiplin ilmu dalam
perancangannya. Tingkat kecerdasan yang di tunjukkan oleh perangkat lunak pun
semakin meningkat, selain permasalahan teknis, perangkat lunak sekarang mulai
bisa mengenal suara dan gambar.
Era modern merupakan era bangkitnya
software dengan interface yang lebih familiar dengan penggunanya dan sudah
tersebar ke semua peralatan yang sering digunakan pada masyarakat. Tingkat
kecerdasan yang ditunjukan oleh perangkat lunakpun semakin meningkat. Selain
masalah teknik, perangkat lunak sekarang mulai bisa mengenal suara, gambar, dan
video. Kecerdasan perangkat lunak pada era ini membuat proses perkembanngannya
semakin luas menjadi :
a. Media perantara untuk jaringan PC
b. Media perantara atau penghubung
antara seperangkat elektronik yang berbeda.
c. Graphical user interface ( GUI )
yang semakin mempermudah user dalam penggunaan.
d. Media pembantu dalam
menyelesaikan tugas pekerjaan penggunanya.
Berikut adalah perkembangan komunikasi
dari masa ke masa :
1. Merpati
Pos
Merupakan
alat komunikasi dengan menggunakan burung merpati sebagai mengantar surat atau
pesan, Merpati dipilih karena burung ini pintar, memiliki daya ingat kuat,
kemampuan navigasi dan naluri alamiah untuk kembali ke sarang, metode ini
berasal dari orang-orang Persia yang melatih burung-burung merpati. Pertama
kali digunakan oleh Sultan Bagdad, Nuruddin (1416) untuk mengirimkan pesan
sekitar kerajaannya. Orang Romawi menggunakan merpati pos untuk mengirim pesan
kepada pasukan militernya. Orang Yunani memberitahukan pemenang olimpiade
melalui merpati pos. pada masa perang dunia pertama (1914-1918) pun pasukan
Amerika menggunakan permati pos untuk komunikasi.
Merpati
|
2. Telegraf
Telegraf
merupakan alat untuk mengirim dan menerima pesan dari jarak jauh. Alat ini
ditemukan oleh seorang warga Amerika, Samuel F.B. Morse bersama asistennya
Alexander Bain pada tahun 1837. pesan pertamanya dikirim pdaa 6 Januari 1838.
pesan yang dikirimkan oleh perator menggunakan kode morse. Pesan ini sering
dinamakan pesan kabel atau kawat. Media ini sangat efektif dan dulu menjadi
primadona meskipun yang bisa mengirim dam menerima hanyalah orang yang paham
kode Morse.
Untuk
keperluaan peperangan, media ini sangat diperlukan agar pesan rahasia tetap
terjaga. Pesan ini pun diistimewakan karena umumnya pesan tersebut adalah pesan
penting. Perkembangan selanjutkan, media ini melahirkan media baru seperti
teleprinting dan faksimile. Di Indonesai pemanfaatan telegraf dimulai sejak
saluran telegraf pertama dibuka 23 Oktober 1855, oleh Pemerintah Hidia Belanda.
Telegraf pun dapat dirasakan masyarakat di 28 kantor telegraf. Tidak hanya
menghubungkan Batavia (Jakarta) dan Buitenzorg (Bogor), telegraf pun bisa
menghubungkan Jakarta dan Singapura, Jawa dan Australia.
Telegraf
|
3. Telephon
Penemuan
telepon dipicu oleh permintaan penggunaan telegraf yang semakin berkembang dan
meningkat. Telephon pun ditemukan pada sekitar tahun 1876 oleh Alexander Graham
Bell. Di Indonesia telephon lokal pertama digunakan sejak 16 Oktober 1882 yang
diselenggarakan pihak swasta. Jaringan telephon pertama ini menghubungkan
Gambir dan Tanjung Priok (Batavia). Selanjutnya jaringan telephon dibuat di
kota-kota besar lainnya. Tahun 1906, perusahaan jaringan telephon diambil alih
dan dikelola Pemerintah Hindia Belanda melalui PTT (Post, Telegraf, Tetephon)
Dienst.
Seiring
perkembangan, kebutuhan telekomunikasi meningkat jaringan telekomunikasi pun
diperluas. Tahun 1967 PT Indosat (Indonesia Satelite Corporation) mulai
membangun jaringan telephon gelombang mikro. Dimulai dengan jaringan Trans
Sumatra dan Indonesia Timur. Selanjutnya, tahun 1976, satelit Palapa A-1
diluncurkan sehingga mengungkinkan jaringan telephon Indonesia meluas hingga
mencapai luar negara.
Old Telephone
|
4. Telegram
Telegram
baru dipopulerkan pada tahun 1920-an. telegram barisi kombinasi kode yang
ditransmisikan oleh telegraf. Telegram ini tarif mengirimannya lebih murah dari
telephon, meskipun tarifnya dihitung berdasarkan jumlah karakter termasuk tanda
baca. Namun waktu yang dibutuhkan pun sangat singkat, kurang dari satu hari,
tidak seperti surat. Di Indonesia, telegram dipopulerkan oleh perusahaan
Telkom. Ada dua jenis telegram, telegram biasa dan Indah. Tetegram biasa
berwarna biru muda, sedangkan telegram indah biasa dikirmkan pada hari-hari
khusus seperti hari raya ratau tahun baru.
Telegram
|
5. Pager
Pager atau
radia panggil merupakan alat telekomunikasi untuk menyampaikan dan menerima
pesan pendek. Sekarang mungkin sudah jarang ditemukan, tetapi alat ini masih
sering dipakai untuk orang-orang yang bergerak dibidang jasa seperti jasa
informasi dari kesehatan. Pager ditemukan tahun 1956 oleh Multitone Electronic
di Rumah Sakit St. Thomas London oleh dokter-dokter yang sedang bertugas dalam
kondisi darurat. Sejak itu pager semakin berkembang.
Sebelum
telephon seluler berkembang, pager digunakan sebagai pengganti untuk layanan
telephon lokal dan internasional. Di Indonesia pager muncul sebelum tahun 1997.
pelanggannya mencapai 800.000. namun karena harga perangkat yang terus menerus
melambung pelangan pun perlahan menurun. Apalagi telah munculnya teknologi
telephon seluler.
Pager
|
6. Surat
Eletronik (E-mail)
Merupakan
sarana mengirim surat melalui jaringan komputer, misalnya internet. Surat
elektronik mulai dipakai pada tahun 1960-an. Saat itu internet belum terbentuk,
tetapi surat terkirim melalui jaringan yang berbentuk dari kumpulan
“mainframe”. Mulai tahun 1980-an mulai bisa dipakai oleh umum.
Email
|
7. Internet
Rangkaian yang
membentuk iuternet (kependekan dari interconnected-networking) diawali pada
tahun 1969 sebagai ARPANET. Rangkaian ini dibangun oleh ARPA (United States
Department of Defense Advanced Research Projects Agency). Tahun 1983. ARPANET
menukar protokol rangkaian pusatnya dari NCP ke TCP/IP, yang merupakan awal
dari internet yang kita kenal. Di Indonesia, sejarah internet dimulai pada awal
tahun 1990-an.
Tahun 1992
hingga 1994, beberapa nama muncul diawal pembangunan internet salah satu
diantaranya Onno W. Purbo. Tahun 1994 IndoNet menjadi ISP (Internet Serveci
Provider) komersial pertama di Indonesia. Saat ini pihak Pos dan Telekomunikasi
belum melihat celah bisnis internet. Mulai 1995 mucul jasa akses Telnet ke luar
negeri, sehingga pemakai internet di Indonesia bisa mengakses internet (HTTP).
Internet
|
8. Telepon
Genggam
Penemuan
telephon genggam tak terlepas dari perkembangan radio. Berawal pada tahun 1921,
Departemen Kepolisian Detroit Michigan mulai menggunakan telephon mobil satu
arah. Kemudian tahun 1940, Galvin Manucfatory Corporation (sekarang Motorola)
mengembangkan Handle-talllkle SCR536 untuk keperluan komunikasi di medan perang
saat perang Dunia II. Namun, penemuan telephon genggam yang sebenarnya terjadi
pada tahun 1973 oleh Martin Cooper dari Matorola Corp. telephon ini kemudian
dikenal sebagai telephon genggam generasi pertama atau 1G. dari model inilah
kemudian muncul telephon genggam berikutnya.
Tahun
1990-an generasi kedua atau 2G muncul dengan teknologi GSM dan CDMA. Teknologi
ini dilengkapi dengan pesan suara, panggilan tunggu dan sms (short message
service). Ukuran dan berat yang lebih kecil menjadi unggulan teknologi ini.
Kini, teknologi telephon genggam sudah mencapai generasi ketiga (3G) dan
keempat (4G). teknologi ini memberikan jangkauan yang lebih luas lagi termasuk
internet. Fitur telephon seluler pun bahkan mendekati fungsi PC. Bahkan untuk
teknologi 4G memiliki heterogenitas jaringan hingga memungkinkan pengguna
menggunakan beragam system kapan saja dan dimana saja. di Indonesia, teknologi
telephon genggam pertama kali hadir pada tahun 1984 berbasis teknologi Nordic
Mobile Telephone (NMT).
Telephon
genggam pun mulai beredar tahun 1985-1992, tetapi dengan bentuk yang masih
besar dan berat. Tahun1993, PT Telkom memulai proyek percontohan seluler
digital GSM (Global System for Mobile) yang dimulai di dua pulau, Batam dan
Bintan. Setahun kemudian (1994) operator GSM pertama di Indonesia beroerasi
melalui PT Satelindo. Selanjutnya mulai bermunculan operator GSM lainnya.
Handphone
|
9. Pesan
Instan (Instant Messaging)
Merupakan
sebuah teknologi internet di mana para pengguna jaringan internet dapat
mengirimkan pesan-pesan singkat pada saat yang bersamaan (real time). Istilah
pesan instan ini mengacu pada teknologi yang dipopulerkan oleh America Online
(AOL), kemudian diikuti Yahoo! (Yahoo Massenger), Google dan Microsoft (Windows
Live Messenger). Bermula ketika orang-orang marak menggunakan teknologi secara
online awal tahun 1990. para pengembang peranti lunak menciptakan software chat
room, yakni suatu grup atau perseorangan bisa mengirimkan pesan kepada setiap
orang di 'room' tersebut. Tahun 1996, pesan instan ini meledak saat
diperkenalkan ICQ, sebuah pesan gratis. Namun AOL, menjadi pionir dalam
kemunitas online pada tahun 1997, karena AOL bisa memberikan kemampuan pengguna
berkomunikasi dalam waktu yang sama. Dari sinilah semakin berkembang
perusahaan-perusahaan lainnya yang menciptakan mesin pesan instan.
Instant Messaging
|
10. Mobile
Chat Messenger
Hampir sama
seperti pesan instan, namun diaplikasikan kedalam sebuah handphone atau
smartphone yang berteknologi tinggi. Ini bisa menggantikan penggunaan layanan
SMS yang lebih komplit disertai dengan fitur-fitur menarik dan notifikasi. Ada
banyak sekali aplikasi chat yang sangat terkenal, sebagai contoh Blackberry
Messenger, Whatsapp, Ebuddy, Mig33, Nimbuzz dan masih banyak sekali yang
tidak bisa disebutkan satu per satu.
Mobile Chat
|
Dampak Positif Perkembangan Teknologi Informasi
1. Dapat Menjangkau Lebih Jauh Dengan adanya internet, kita dapat menjangkau lebih jauh di semua belahan dunia. Contohnya saja kita berjualan, kita dapat menjangkau seluruh Indonesia, atau bahkan mancanegara untuk memperjualbelikan produk kita.2. Menemukan Lebih Cepat Dalam dunia pendidikan tentunya kita tidak dapat hanya mengandalkan guru saja. Oleh karena itu, kita dapat memanfaatkan internet untuk mencari hal apapun yang berhubungan dengan pendidikan. Selain itu, pengajar juga dapat menerapkan konsep belajar yang kreatif dan atraktif.
Dampak Negatif Perkembangan Teknologi Informasi
1. Mudahnya Akses Pornografi Tidak dapat dipungkiri, dengan bebasnya akses internet sekarang. Dapat memudahkan terjadinya pornografi. Seperti akses video porno, jual beli film porno, hingga terjadinya aksi porno. Ini yang masih menjadi PR pemerintah untuk menghentikan pornografi ini.2. Menjadikan Malas Adalah satu dampak yang paling besar dalam dunia pendidikan adalah menjadikan pelajar malas untuk mengerjakan tugas. Karena dengan adanya internet, pelajar akan dimanjakan dengan komputer. Pelajar akan lebih senang di depan komputer, daripada mengerjakan tugas mereka.
SUMBER :
0 komentar:
Posting Komentar